BAZNAS bersama para alumni program beasiswa Kaderisasi Seribu Ulama (KSU) BAZNAS menginisiasi program workshop pendidikan adab. Workshop tersebut sebagai jawaban dan upaya-upaya dalam menciptakan suasana pendidikan yang penuh dengan adab atau perilaku yang baik. Program ini diisi langsung oleh Ust. Dr Suidat dan Ust Dr M Ardiyansyah, sebagai inisiator program sekaligus pemateri. Para pemateri berbagi ilmu melalui literasi dan pengalaman mendalam.

Program terdiri dari dua segmen, yaitu program untuk kelas sekolah dasar dan sekolah menengah. Sebanyak 20 sekolah dan 40 guru telah menjadi mitra. Para peserta akan mengikuti workshop selama 6 seri dengan topik yang berbeda. Para peserta akan diberikan materi dan ditutup dengan penugasan-penugasan, yang hasilnya akan di presentasikan di pertemuan berikutnya. Workshop saat sudah memasuki seri ke tiga.

Workshop tidak hanya membahas bagaimana adab seorang murid kepada gurunya, namun juga membahas bagaimana seharusnya adab guru kepada muridnya. Lebih dari itu, workshop tersebut mengajak para pendidikan untuk melaksanakan fungsinya sebagai pendidikan, yang tidak dibatasi sampai pada menjelaskan pelajaran saja. Terlebih lagi di zaman yang berubah sangat cepat. Seperti berita-berita kriminalisasi murid terhadap gurunya hingga tindakan asusila guru terhadap muridnya. Tentu, fenomena tersebut seharusnya menjadi pegiat pendidikan. Karena seorang murid adalah investasi peradaban di masa depan, sehingga pendidikan menjadi modal yang penting untuk menghasilkan peradaban yang terbaik.

Semoga, workshop ini menjadi jawaban terghadap kebutuhan kurikulum pendidikan adab saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>